Jumat, 20 Februari 2015

Brigade Masjid

Kategori:

Tanggal 20-21 September 2014, menjadi hari yang dinantikan Pemuda Remaja Masjid Indonesia, dengan diresmikannya Pusdiklat Terpadu BKPRMI diharapkan menjadi sarana yang mumpuni bagi remaja masjid menimba ilmu tentang berbagai hal yang dibutuhkan dan nantinya dapat terjalin sillaturrahmi dan jalinan ukhuwah yang manis antara sesama remaja masjid se-Indonesia.
"Pos Komando Pusat Pelatihan dan Pelatihan Brigade" kiranya dapat menjadi suatu institusi yang mencetak pribadi-pribadi remaja masjid yang mumpuni dan tanggap akan persoalan-persoalan ummat Islam sesuai dengan tuntunan syariat dan undang-undang NKRI.

Remaja Masjid selama ini dianggap hanya sekadar organisasi yang aktif dalam mengadakan acara-acara ritual keagamaan semata, melalui rangkaian kegiatan haflah, baik itu Peringatan Maulid, Tabligh Akbar, Peringatan Isra Mi'raj dan lain-lain. Hal ini tentunya sudah bagus dan jelas memerlukan organisasi yang baik, namun terasa masih kurang dan kita harus merasa kurang,  peran remaja masjid tidak boleh terbelenggu dalam dogma dan doktrin melainkan dapat turut aktif dalam kegiatan positif lainnya sehingga akan membuka wawasan dan terjadi pengembangan di segala sektor. 
Untuk dapat mencapai tujuannya Pos Komando ini secara intensif melaksanakan kegiatan pembinaan remaja Masjid yang dijadwalkan setiap hari Sabtu pukul 16.00 s.d Ahad Pukul 16.00. dengan narasumber dan kurikulum yang dikemas rapih dan apik, diantaranya :
1. UP GRADING DA'WAH BIL'HAL
Remaja Masjid akan diajak dan ditanamkan kesadaran untuk memulai semua da'wah yang dijalankan melalui dirinya sendiri, sehingga tanpa Remaja Masjid harus berbicara lebih banyak, masyarakat akan lebih peduli dan mendukung dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh remaja Masjid, karena sesengguhnya masyarakat menyadari bahwa Remaja Masjid sekarang dan kedepannya diharapkan dapat menjadi emulator dan  eksekutor dari apa yang diprogramkan oleh para pendahulunya.
2.  PENATARAN PENDIDIKAN BELA NEGARA
Kesadaran dan kecintaan kita sebagai warga negara Indonesia yang tercinta ini merupakan salah satu pilar yang membuat kita sebagai bangsa diperhitungkan dimata dunia, banyak sekali kearifan dan budaya Indonesia yang harus kita gali dan aktualisasikan sehingga dapat menjadi corak dan jati diri bangsa yang telah ditanamkan dan diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa ini, bukan hanya sekadar kita lestarikan dan menjadi "tontonan budaya".

3.  PENATARAN ANTI TERORISME DAN ANTI NARKOBA
Ketidakpuasan dan putus asa seringkali membuat seseorang sanggup menempuh hal-hal diluar nalar dan terkadang melanggar batasan. dalam keadaan ini jika orang tersebut berfikir negatif imbasnya adalah NARKOBA dengan anggapan dapat meredakan kedua hal tersebut, padahal TIDAK. imbas lebih jauh lagi penyebaran NARKOBA terjadi dengan begitu mudahnya meyentuh generasi muda kita, yang ironinya seringkali hal itu terjadi didepan mata kita.
Ketidakpuasan dan putus asa jika dibarengi oleh doktrin-doktrin yang salah sering kali berakibat fatal yang dapat berujung kepada aksi TEROR yang tentunya hal tersebut tidak hanya mengancam kehidupan dirinya sendiri tetapi juga orang lain. Remaja Masjid semestinya tanggap terhadap hal-hal semacam ini,  dapat kita saksikan berita dan informasi yang mengatakan tentang penghancuran tempat Ibadah dan lain sebagainya.

4.  PELATIHAN KOMANDO TANGGAP BENCANA
Remaja Masjid harus tanggap terhadap persoalan dan bencana yang terkadang menimpa saudara-saudara kita seiman dan se-Tanah Air. Melalui pelatihan ini para Remaja Masjid akan dilatih dan persiapkan untuk dapat terjun langsung membantu saudara-saudara kita yang dilanda musibah. disadari atau tidak, orang yang membantu saudaranya pada hakikatnya ia membantu dirinya sendiri.

5.  BASIC LIFE SKILL (Dengan Metode Subconscious Mind)
Pendidikan yang berhasil dapat diukur salah satunya dengan laju peningkatan perekonomian yang menanjak, BKPRMI memiliki keyakinan bahwa Remaja Masjid memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal tersebut, dengan rasa kekeluargaan dan keikhlasan yang dimilikinya, remaja Masjid harus ambil bagian dan menjadi pionir bagi kebangkitan dan perkembangan perekonomian masyarakat dan bangsa ini, baik melalui UKM (Usaha Kecil Mandiri), BMT (Baitul Maal wa Tamwil), Koperasi Remaja Masjid dan banyak sekali hal yang dapat dan akan dilakukan oleh Remaja Masjid.


Melalui POS KOMANDO Pendidikan dan Pelatihan Brigade BKPRMI diharapkan akan lahir kader-kader remaja masjid yang tidak hanya mapan di bidang keagamaan, tetapi juga tanggap terhadap berbagai persoalan kemasyarakatan dan tentunya sanggup bersaing dalam ketatnya Era Globalisasi mendatang

0 komentar:

Posting Komentar